Apa itu Penyakit Mata Biru (Blue Eye) Pada Bebek? Bagaimana Cara Penanganannya?

 
Akhir-akhir ini banyak pertanyaan dari peternak tentang penyakit mata biru (blue eye) pada bebek, dengan gejala kena mata biru, kejang-kejang, kemudian mati & penyakitnya menyebar dgn cepat.
 
Sebenarnya penyakit mata biru ini adalah penyakit Flu Burung / AI (Avian Influenza), yang sekarang kita semua tahu TIDAK MENULAR ke manusia.
 
Cerita penularannya (istilah keren nya pathogenesis) begini, virus Flu Burung / AI masuk ke hidung bebek, bisa lewat kontak dgn bebek sakit / dari kotoran bebek sakit / kotoran bebek dan tanah yg terbawa di sandal dan baju saat kita mondar-mandir dari tempat wabah ke kandang kita.
 
Setelah virus masuk dan ketancep ke reseptor di hidung, virus ini masuk ke seluruh tubuh bebek dan menginfeksi paru-paru (menyebabkan bebek megap-megap karena sulit bernafas), ke otak (menyebabkan gangguan syaraf kejang-kejang dan menekan syaraf mata bebek, sehingga kelopak mata tertutup - makanya jadi seolah-olah berwarna biru, sebenarnya lapisan mata yg menutup karena kerusakan syaraf di otak).
 
Bebek yg sakit parah akan segera mati, sementara bebek yg bisa bertahan bisa sembuh dengan penanganan darurat, seperti:
  1. Semprot alas kandang & kotoran bebek menggunakan campuran bayclin 1+ air 9, campuran ini aman dosis nya utk disemprotkan ke kandang yg ada bebeknya dan akan membunuh virus AI di kotoran bebek dan bulu bebek sakit dlm waktu 3 menit, sehingga tidak menular ke bebek lain. (berati kita sudah membersihkan virus DI LUAR tubuh bebek, istilah keren nya dekontaminasi). Semprot kandang ini dilakukan sehari sekali selama 3 hari.
  2. Psahkan bebek yg sehat dengan yang sakit (istilah keren nya isolasi) tujuan nya adalah untuk mengurangi sumber penyakit virus agar tidak menular dari bebek sakit ke bebek yang sehat.
  3. Memberikan vitamin A, C, & E pada bebek + gula jawa di air minum bebek selama 3 hari (istilah keren nya terapi suportif), tujuan nya adalah untuk meningkatkan stamina bebek sehingga bisa menghasilkan antibodi yg cukup utk melawan virus yg masuk di dalam tubuh bebek. (berarti kita sdh menangani virus DI DALAM tubuh bebek). 
Penyakit virus seperti AI ini TIDAK BISA DIOBATI dengan obat antibiotik, tetapi hanya bisa ditangani oleh sistem kekebalan tubuh bebek sendiri. Antibiotik HANYA bisa digunakan utk menangani penyakit bakteri (ngorok, snot, kolera, dll) BUKAN untuk penyakit virus. 
 
Bagaimana dengan bebek yg sdh kena wabah & masih hidup tapi matanya tetap biru? berarti bebek ini adalah bebek yg bisa melawan & membunuh virus di dalam tubuhnya karena stamina nya bagus.
 
Tapi jika kerusakan otak nya sdh parah maka syaraf nya akan rusak sehingga tdk bisa pulih kembali mata biru nya, tetapi bebek ini akan kebal seumur hidup dari serangan virus karena sistem kekebalan tubuhnya sudah mengenali & mampu membunuh virus yg masuk ke dalam tubuhnya.
 
Demikian sedikit cerita tentang penyakit mata biru di bebek, sebenarnya ketiga penanganan diatas (dekontaminasi,isolasi, & terapi suportif) ini yg sering disebut oleh para ahli dengan istilah keren BIOSEKURITI, hanya saja peternak tidak butuh istilah keren yg dibutuhkan peternak hanyalah penanganan yg cepat dan masuk akal. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »