Flu Babi?? Apalagi Ini??


Flu babi ini pernah heboh di tahun 2009 yg konon menular dari babi ke manusia & mewabah di perbatasan meksiko (yang KEBETULAN dekat banget sama lab.virus Los Alamos).

Wabah ini menular ke anak-anak dan menyebar ke seluruh dunia dalam waktu 1 bulan. Semua negara heboh nyetok obat tamiflu yg harganya US$ 6 sebiji (seratus ribu di indonesia).

Gejalanya hanya flu ringan & panas biasa tapi hebohnya luar biasa.

Waktu itu saya lagi belajar kesmavet di Thailand dan ada pelajaran tentang flu babi oleh seorang profesor, dan saya bertanya "pak, di negara saya flu burung yg katanya nular ke manusia saja cuma bunuh 117 orang dlm 6 tahun - berarti kalau benar ada, perlu 6 tahun utk bisa nular dari hewan ke manusia? (lha bagaimana sampeyan bisa menjelaskan, kok ada flu dari hewan babi ke manusia yg bisa nular dlm waktu sebulan ke seluruh dunia?).

Pak profesornya melotot dan bilang "saya gak tahu ini virus dari mana, bisa jadi dari lingkungan atau dari luar angkasa, tapi memang ada wabahnya", dijawab begitu ya saya diam saja - berarti pak profesor itu gak ngerti maksud saya nyindir isu flu babi.

Selesai pelajaran saya dipanggil "mas, kamu dari negara mana?", karena nggak mungkin ada yg percaya kalau saya dari Inggris ya saya jawab "dari Indonesia".

Pak profesor itu kemudian bilang "Begini mas, saya punya banyak virus H1N1 dari manusia, dan sebenarnya saya belum pernah menemukan virus yg dari babi- tapi jangan ngomong-ngomong ya".

Beberapa tahun kemudian terbukti bahwa tenyata TIDAK PERNAH DITEMUKAN VIRUS SERUPA PADA BABI, hingga akhirnya OIE & WHO mengubah nama virus babi/swine influenza menjadi virus flu meksiko tipe-A yang ternyata virus flu biasa yang memang hanya ada di manusia & mengakibatkan gejala flu ringan.

Jadi menurut pendapat saya ada banyak sekali varian virus flu di dunia dan semuanya spesifik spesies, flu ayam ya utk ayam, flu manusia ya utk manusia, flu bebek ya untuk bebek, serta belum tentu bisa menular dari hewan ke manusia kecuali jika digembor-gemborkan dgn propaganda heboh bikin panik berjudul "menyelamatkan umat manusia". Terima kasih, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »