Ilustrasi Bebek Terkena Penyakit dan Cara Penanganannya


Sebelumnya saya mau cerita tentang bebek/ayam sakit yg menulari teman-teman nya. Bebek sakit (merah) terkena penyakit kemudian dia mengeluarkan bibit penyakit lewat liur, lendir di hidung & lewat kotoran.

Dalam waktu sehari bebek-bebek yg dekat bebek sakit (oranye) akan ketularan penyakit - kemudian bebek-bebek akan ikut sakit & menulari bebek -bebek sehat (kuning) & begitu seterusnya sampai semua bebek sakit & mati.
 

Cara untuk menangani penyakit ini adalah :
  1. Semprot kandang menggunakan pemutih pakaian (bayclin,proclin, dll) dg takaran Bayclin 1 + air 9, karena kandungan sodium hipoklorit 0,5% dari campuran itu langsung membunuh bibit penyakit di kotoran, alas kandang, & di bulu bebek/ayam hanya dlm waktu 3 menit. Dosis tersebut aman disemprotkan saat ada bebek/ayam di dalam kandang.
  2. Pisahkan bebek/ayam yg sakit dengan yang sehat, untuk mengurangi penyebaran penyakit dari bebek sakit (merah) ke bebek sehat (kuning). 
  3. Pemberian vitamin A,C, & E + gula jawa, vitamin A,C,E akan membantu meningkatkan produksi antibodi bebek/ayam untuk melawan bibit penyakit dari dalam & gula jawa akan meningkatkan stamina bebek/ayam agar tetap fit saat terkena paparan penyakit.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »