Kenapa Ayam Saya Lumpuh???


Sekarang saya mau cerita tentang ayam lumpuh, hampir sama seperti kasus pada sakit mata, lumpuh itu hanya gejala ikutan, penyebab utamanya bisa bermacam-macam. Contoh kasus yg ada:

1. Lumpuh/dengkelan pada bebek yg diumbar, karena makan bangkai yg ada belatungnya dan di dalamnya ada bakteri clostridium, racun clostridium ini bisa menyebabkan kelumpuhan. penanganan awal bisa diberi arang 20% selama 1-2 hari kemudian bisa dikasih neurobion.

2. Lumpuh karena stress habis bertarung. Ayam gampang stress dan belum pengalaman sehingga habis bertarung syarafnya terlalu tegang dan kelelahan, maka jadi lumpuh. penanganannya ya dibagian yg lumpuh dihangatkan (bisa pakai herbal atau obat urut, dll) agar syaraf lancar. diberikan vitamin utk anti stress + neurobion untuk syarafnya. Bisa juga ditambah suplemen vitamin A & D untuk membantu pengembangan otot. penanganan ini bisa cepat bisa lambat tergantung kondisi ayam

3 Lumpuh karena virus Marek. Ini yg paling susah diatasi, karena virus marek biasanya membuat tumor/kanker di organ-organ dalam. Kalaupun ditangani, tetap akan sulit sembuh karena organ dalamnya terlanjur rusak.

4. Lumpuh karena bubulan/luka di sendi kaki/sisik dan kemasukan kutu hingga radang. Penanganan nya bersihkan dan sikat kandang dengan lysol/fenol, daerah yang luka juga dibersihkan dengan bayclin 1+ air 9. Setelah kering diberikan betadine dan ditutup dengan salep antiradang. ayam bisa diberikan makan bawang putih 1 siung kecil setiap hari selama 5 hari, dan rajin membersihkan daerah radang. Jika sampai bengkak dan merah, bisa juga diberikan amoxicillin 1/4 tablet setiap hari slm 4 hari.

Ini hanya sebagian kecil saja, mungkin masih banyak kasus lumpuh yg dialami peternak. Terima kasih semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Steven
admin
April 26, 2019 at 5:47 AM ×


https://tajenonline.com/mengetahui-jenis-taji-dan-aduan-ayam/

Congrats bro Steven you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar